Jumat, 01 Mei 2015

TULISAN | Keputusan apa saja yg pernah anda ambil didalam organisasi?

Pengalaman saya di organisasi yang pernah diikuti adalah pramuka, saya akan menceritakan pengalaman tersebut. Sebelum saya menceritakan pengalaman saya, saya ingin menjelaskan apa itu organisasi terlebih dahulu. Menurut saya pribadi organisasi adalah sekelompok individu yang terstruktur secara sistematis dalam suatu sistem yang memiliki tujuan bersama. Dengan mengikuti organisasi kita akan mendapatkan banyak pengalaman, bisa juga mendapat ilmu, belajar memahami sifat orang lain, pendewasaan dan belajar mengemukakan pendapat begitupun mengambil keputusan terbaik untuk organisasi tsb.
Kepramukaan pada hakekatnya adalah suatu proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, dibawah tanggungjawab anggota dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu. Gerakan Pramuka adalah suatu gerakan pendidikan untuk kaum muda, yang bersifat sukarela, nonpolitik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, yang menyelenggarakan kepramukaan melalui suatu sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka.
Ketika saya duduk di sekolah dasar, kegiatan ektrakurikuler yang ada di sekolah saya hanya sedikit diantaranya seni suara, tapak suci ( pencak silat), dan pramuka. Ketiga ekstrakurikuler tersebut menjadi primadona di sekolah. 
Kegiatan pramuka saat duduk di sekolah dasar pun tidak hanya pertemuan seminggu sekali. Kegiatan pramuka saat itu juga terkadang mengadakan kemah sabtu minggu (persami) yang diadakan bersama anggota pramuka dari sekolah lain. Kegiatan pramuka tidak sekedar mengenal sandi-sandi ataupun berkutat pada pembuatan simpul tali tetapi disini kita juga diajarkan bagaimana seorang anak untuk menjadi pribadi yang mandiri dan tidak manja. Menjadi seorang pramuka merupakan kebanggan karena kita juga dilatih menjadi pemimpin. Pemimpin dalam suatu kelompok. saya sangat ingat betul waktu itu saya ditunjuk sebagai wakil ketu kelompok. Kelompok penulis waktu itu bernama kelompok badak. Masuk menjadi bagian pramuka merupakan kebanggan tersendiri. Saat duduk sekolah menengah pertama juga saya bergabung dalam organisasi pramuka.
Belajar berganisasi tidak bisa kita pelajari hanya dengan membaca/teori tetapi harus terjun langsung didalam kegiatan organisasi karna pengalam organisasi dapat manambah wawasan terutama dalam organisasi, dan didunia kerja pun kita harus pandai bekerja tim karna biasanya seperti itu.
Ketika lulus SD dan menjadi siswa SMP  saya kembali memilih ekskul tersebut. Karena menurut saya sangat menyenangkan. Banyak keputusan yg saya ambil, salah satunya ketika saya duduk di kelas 3 Smp dan mengadakan muspeng atau musyawarah penggalang. Saat itu saya menjadi ketua musyawarah dan banyak yg saya harus lakukan, hal yg paling pertama saya pikirkan adalah memutuskan nama-nama anggota panitia musyawarah tersebut agar nantinya acara bias berjalan. Menentukan waktu dan tempat, kapan dan dimana acara itu berjalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar